Kamis, 24 Desember 2009

Bab I - Pendahuluan

Metode Pelaksanaan Proyek yang selanjutnya disebut MPP, merupakan rangkuman dari pengalaman-pengalaman tentang bagaimana cara pelaksanaan pekerjaan di proyek, khususnya bangunan gedung.

Isi dalam MPP ini memberi gambaran bagaimana seharusnya seorang pelaksana akan menjalankan pekerjaan di lapangan. Dimana diharapkan pelaksana lapangan memiliki wawasan dan cara pelaksanaan di proyek yang menjadi standart PT. Sekawan Triasa .

MPP ini bukan merupakan metode pelaksanaan terbaik, tetapi merupakan metode standart selama tidak ada ketentuan yang ditentukan oleh suatu proyek (Spesifikasi Teknis).

Untuk mempermudah penyajian, dalam MPP ini akan dibagi menjadi 5 bagian pembahasan yaitu :

· Bagian pertama merupakan pekerjaan persiapan yang diuraikan dalam BAB II, Disini akan ditemukan bagaimana standart pembuatan Bouwplank, pagar proyek, direksi keet dan macam-macam pekerjaan yang ada kaitannya dengan pekerjaan persiapan proyek.

· Bagian kedua akan diuraikan tentang metode pelaksanaan pekerjaan struktur yang terdiri dari pekerjaan beton, pekerjaan baja, pekerjaan kayu, pekerjaan batu, pekerjaan penutup atap, pekerjaan KM/WC, pekerjaan tanah dan pekerjaan pondasi. Pembahasan diatas akan diuraikan dalam BAB III sampai dengan BAB IX

· Bagian ketiga merupakan uraian pekerjaan finishing

· Bagian ke empat akan diuraikan pekerjaan MEKANIKAL dan ELEKTRIKAL terhadap SIPIL

· Bagian ke lima merupakan bagian terakhir yang akan diuraikan pekerjaan-pekerjaan yang berhubungan dengan sub-sub kontraktor

Team penyusun menyadari bahwa Metoda Pelaksanaan Proyek yang diterbitkan

pertama ini jauh dari sempurna, untuk itu pengembangan atau penyempurnaan blog ini masih akan terus berkembang dan diharapkan masukan-masukan dari semua pihak dan akan ditinjau setiap semester.

1 komentar:

  1. Terima kasih atas makalahnya, Pak. Saya telah membaca makalah Metpelpro bapak dan minta izin untuk menggunakannya sebagai bahan rujukan.

    BalasHapus